Education Quotes

Jendela

Thursday, July 30, 2020

PEMBELAJARAN DARING DAN PROBEMATIKANYA

Hal utama diberlakukannya pembelajaran daring di mana siswa belajar di rumah adalah untuk menghindari terjadinya penyebaran wabah Covid-19. Akan tetapi ke depan model pembelajaran ini akan menjadi tren yang tak dapat kita hindari. Menurut penulis ada beberapa keuntungannya yakni, pembelajaran daring lebih fleksibel dan menghemat waktu. Guru dan siswa tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, kapan pun mereka dapat mengakses dan melakukan aktivitasnya dengan cepat.

Guru dapat memberikan materi ajar secara streaming, guru menentukan jadwal live nya di youtube (dapat juga dilakukan melalui telekonferensi melalui zoom, google meet, cisco webex meetings atau lainnya). Dan siswa dapat mengikuti dengan tidak harus berada di satu ruang kelas secara bersamaan. Kapan pun dan di mana pun siswa dengan mudah dapat mengikuti pembelajaran. Begitu pula sebaliknya, bagi siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran secara streaming, dapat menggunakan akses setelahnya dalam bentuk rekaman.

Keuntungan lainnya dapat meningkatkan kemampuan dibidang teknologi. Pembelajaran ini juga memberikan akses yang begitu luas bagi siapa pun termasuk guru dan siswa. Sumber pembelajaran dapat diperoleh lebih banyak, dengan menggunakan aplikasi yang bervarian, sehingga kemajuan teknologi dapat digunakan secara maksimal. Selain itu siswa akan lebih banyak memperoleh dan mengolah informasi dari berbagai sumber. Yang pada akhirnya nanti dapat menunjang proses pembelajaran. Hanya dengan satu klik bahan ajar yang diperlukan melalui mesin pencarian google atau sejenisnya, dalam hitungan detik sumber informasi yang dibutuhkan akan cepat dapat diperoleh.

Selain itu hal yang tidak kalah menariknya adalah siswa juga menjadi lebih kreatif dan nyaman dalam menyelesaikan tugasnya, dapat mengkondisikan diri tanpa aturan yang formal (rigid). Siswa dapat mandiri dan bertanggungjawab atas apa yang menjadi kewajibannya. Umumnya siswa yang kreatif akan senang apabila guru memberikan kebebasan dalam menentukan media atau aplikasi apa yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas yang akan dikerjakannya. Kebebasan ini dapat melahirkan inovasi yang lebih menarik dan berkesinambungan.

Namun pembelajaran daring ini juga memiliki beberapa kerugian diantaranya, siswa membutuhkan ektra kuota internet. Yang berarti orang tua harus menyediakan biaya lebih. Tidaklah mudah ketika menghadapi kondisi seperti ini ekses dari Covid-19 dapat menimbulkan masalah yang cukup kompleks, baik bagi siswa maupun orang tua. Perlu ada penyelesaian yang konferenship sehingga ketidaknyamanan dalam belajar dapat diminimalisir.

Peranan sekolah dan komite sangat diperlukan dalam memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh siswa yang kurang mampu melalui donasi atau subsidi sehingga dapat tercover, siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Sebagaimana hal ini terjadi pada MTs Negeri 6 ketika memasuki Penilaian Akhir Tahun (PAT) sebulan lalu.

Hal lain yang sering dihadapi dalam pembelajaran daring adalah gawai yang digunakan sewaktu-waktu dapat bermasalah atau server error, jaringan lemot. Ini akan menghambat proses penyelesaian pembelajaran tepat waktu. Persiapan yang matang juga tidak cukup, tidak hanya disebabkan oleh kesalahan manusiannya (human error) tetapi penyebab lainnya juga perlu diantisipasi melalui alternatif solusi yang ditawarkan.

Selain itu siswa akan cepat bosan. Dalam proses pembelajaran sebenarnya yang dibutuhkan adalah interaksi yang hidup dan intens antara guru dan siswa (siswa dengan siswa) sehingga terjalin ikatan emosional yang sehat dan kuat. Sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap penghargaan dan penghormatan terhadap guru, dan juga kesiapan mental dari siswa itu sendiri yang akan berdampak pada prestasi dan kemampuannya dalam mengikuti proses pembelajaran secara tuntas.

Akhirnya penulis berharap kepada pihak pembuat kebijakan perlu berhati-hati dalam pengambilan keputusan, ke depannya penggunaan pembelajaran daring tidak terbatas hanya persoalan pandemik tapi sebagai sebuah tuntutan yang tak dapat dihindari. Suka atau tidak model pembelajaran ini akan menjadi bagian yang terintegrasi dalam dunia pendidikan kita. Dibutuhkan pembenahan sistem pendidikan yang radikal, yang akan berpengaruh pada pengembangan pendidikan kita ke depan.

 Jakarta, 30 Juli 2020

Nadiyah

Dimuat dalam Antologi Guru Menulis KMA OP 22


No comments:

Post a Comment